Sering Kesemutan? Bisa Jadi Neuropati Loh..

08 Februari

Sejak menyadari bahwa saya mengalami perbedaan dengan teman-teman yang sudah menikah lainnya, saya akhirnya mencetuskan diri untuk hidup sehat. Menjanjikan diri sendiri untuk menjaga pola makan dan harus rutin berolahraga. Kalau ini dikatakan terlambat, saya mengakuinya. Tapi setiap hal yang terlambat, tetap lebih baik dari pada tidak sama sekali kan? Juga setiap yang terlambat, bukan berarti tidak kan? Mungkin saja hanya sekedar belum :)

Meski berapi-api untuk menggalakkan dua hal yang saya sebut diatas, bukan berati semua berjalan sesuai harapannya. Tergoda makanan instan, tergiur renyahnya kulit ayam junkfood, dan paling sering malas masak menjadi hambatan untuk menjaga pola makan sehat. Ditambah konsumsi buat dan susu yang seperti puasa, cuma senin kamis. Belum lagi kebiasaan menunda-nunda makan, yang akhirnya bikin saat saya makan seperti kalap, pesan a-z padahal belum tentu habis. Tidak dirumah tidak dikosan, mirip-mirip saja hambatannya. Setali tiga uang, niat untuk konsisten olahraga juga kadang kencang kadang kendor. Kalau sudah mendapati pagi yang dingin, jangankan untuk olahraga, menyapu dan merapikan kamar saja masih bentar-bentar dulu. Akhirnya niat olahraga dipindah ke sore. Sometimes berhasil, lebih sering gagal. 😅 Lah gimana, salahkan kenapa ada mager didunia ini.😝

Mager alias malas gerak ini sepertinya sudah menjadi teman baik bagi sebagian kita. Apa lagi dengan semua kemudahan yang kita bisa dapatkan sekarang. Mau makan malas masak? Pesan saja. Ada GoFood kok. Mau beli-beli kecap, sampo, atau apa saja yang habis tapi malas ke Indomaret atau Superindo terdekat? Ada GoMart. Mau pijat tapi malas ke salon? Ada GoMassage. Btw, ini sama sekali bukan pesan sponsor dari mereka ya..

Begitulah sekarang, kemudahan bisa kita dapatkan cukup dari handphone. Makanya, handphone atau lebih canggihnya kita sebut smartphone menjadi primary things kita. Sedikit-sedikit dicek, sedikit-sedikit di-scroll up scroll down. Begitu terus sampai tahu-tahu tangan kesemutan. Saya pernah beberapa kali mengalami itu. Keasyikan main handphone, streaming youtube sambil menunggu pesanan ojek online saya tiba, sampai  tiba-tiba handphone saya hampir jatuh gara-gara tangan saya kesemutan.

Kesemutan saat bermain gadget ini sudah beberapa kali saya alami.  Masih asyik memainkan jemari di keyboard dan atau mengklik-klik mouse, tiba-tiba merasa tidak bisa melanjutkan karena kesemutan, atau apalah namanya. Kalau tangan saya sudah kaku seperti itu, harus saya goyang-goyangkan sebentar supaya jadi enak lagi. Begitu juga saat bermain handphone. Zaujiy sebenarnya pernah mengingatkan untuk jangan sering-sering terlalu lama bermain handphone apalagi saat terkoneksi internet, handphonenya cepat panas karena radiasi katanya. Radiasi yang dipancarkan dari gadget terutama handphone tersebut ternyata bisa mempengaruhi sistem kerja saraf pada tubuh kita.
 
Merasa ini sudah terjadi berulang, saya perlu untuk mencari tahu kira-kira apa sebabnya. Karena selain saat bermain gadget, tangan saya juga kadang terasa seperti di tusuk jarum saat selesai mencuci manual. huhuhu.. *problem anak kostan LOL*. Dari beberapa referensi, kondisi yang saya alami adalah salah satu tanda dari Neuropati.  Awalnya saya mengira saya terkena asam urat, seperti ibu saya. Ternyata bukan. Karena asam urat ditandai dengan sendi yang terasa sakit, bengkak, dan meradang jika digerakkan, sedangkan neoropati tanpa ada gerakan tubuh, nyeri bisa terjadi seperti di ujung-ujung jari.

Mau tahu Neuropati seperti apa? Kita bahas sama-sama yuk. Karena bisa jadi, saya dan beberapa diantara kita masuk kedalam 90% masyarakat Indonesia yang tidak tahu apa itu Neuropati. Juga bahkan jangan-jangan aktivitas dan gaya hidup kita menjadi salah satu penyebabnya.



Neuropati adalah istilah umum yang digunakan untuk kondisi-kondisi yang terkait dengan gangguan fungsi saraf. Kata neuropati itu sendiri berarti kerusakan saraf, kondisi ini bisa meliputi topik pembahasan yang sangat luas. Saraf yang ada di seluruh tubuh berpotensi mengalami kerusakan akibat penyakit, trauma pada saraf,  komplikasi dari penyakit sistemik atau karena kekurangan vitamin B Kompleks”.

Sudah terbayang kan. Intinya gejala kelainan pada saraf. Pola hidup kita yang cenderung tidak sehat, seperti bermain handphone dan bekerja depan komputer atau laptop terlalu lama, bisa menjadi pemicu timbulnya gajala Neuropati ini. Selain itu, kekurang vitamin neurotropik, menderita diabetes, juga semakin bertambahnya usia juga menjadi penyebabnya.

Penyebab lain

Selain kesemutan dan kebas yang umumnya terjadi pada kaki datn tangan, gejala umum lain dari Neuropati ini antara lain:


Dari sebelas gejala yang digambarkan diatas, beberapa memang saya alami. Saya jadi sedikit takut kalau-kalau benar saya mengalami Neuropati. Bagaimana dengan teman-teman?

Gejala-gelaja diatas menunjukkan adanya sistem kerja saraf yang bekerja tidak maksimal. Untuk mengaktifkan kembali sistem kerja saraf sesuai dengan fungsinya, bisa dilakukan dengan salah satunya adalah seperti yang saya coba terapkan, yaitu olahraga. PR banget ini supaya tidak malas-malasan lagi. Selain olahraga, agar saraf tetap sehat dan bebas bergerak , kita dapat melakukan beberapa hal seperti berikut.

Cara menjaga saraf untuk bekerja dengan maksimal tidak terbilang susah ya. Hanya dibutuhkan komitmen saja berarti. *ngomong depan cermin*. Harus sehat!  Apalagi, berdasarkan hasil pemeriksaan 5.478 orang di Neuropathy Check Points Neurobion tahun 2015 di Indonesia,  ditemukan bahwa 1 dari 2 orang berisiko terkena neuropati. Bahkan kelompok usia seperti saya ini [20-29tahun] masuk ke dalam 38% orang yang dinyatakan beresiko alami gangguan saraf sejak dini.😌

So, point utamanya adalah menghindari kekurangan vitamin neurotropik. Makanan-makanan yang mengandung vitamin ini ternyata banyak macamnya loh. Sebagian besar mudah didapatkan dipasar ataupun disupermarket tempat kita biasa belanja. Disimak bersama lagi yuk..

Vitamin B1
Sumber Vitamin B1 adalah biji-bijian yang masih mengandung kulit ari, kecambah, gandum, sayur-sayuran, kacang-kacangan kering, ercis, dan lain-lain. Contohnya adalah kacang polong, kacang, beras merah, selada air, asparagus, bayam, kubis Brussel, kembang kol, pecan dan kacang Brazil. Yang terakhir ini bagi saya susah, hihi..

Vitamin B6
Vitamin ini dapat ditemukan dalam daging sapi, ayam, kalkun, salmon liar, beras coklat, kacang hijau, kentang, bayam, collard greens, alpukat dan pisang.

Vitamin B6
Vitamin B12 membantu melancarksn sistem saraf, produksi energi dan sel-sel darah. Sumber Vitamin ini, juga disebut Sianokobalamin adalah daging sapi, hati sapi, ayam, kalkun, salmon liar, susu, keju dan telur. Karena B12 tidak ditemukan di sayuran atau buah-buahan, maka bagi orang vegetarian perlu minum vitamin B12 yang berbentuk suplemen.

Harusnya, setelah mengetahui ini, saya dan kita bersama-sama tentunya harus makin aware untuk menjaga kesehatan saraf kita. Dan berita baik untuk kita semua bahwa sudah ada suplemen yang bisa kita konsumsi untuk mendapatkan vitamin neorotropik dengan mudah loh. Penasaran? 😁😍

..:: 💥 INI DIA!! 💥::..
Ahlinya Vitamin Neurotropik
Neorobion hadir sebagai solusi bagi kita yang membutuhkan vitamin neurotropik dengan mudah. Jika tidak sempat untuk mengkonsumsi sumber vitaminnya, maka ini pahlawannya. Neurobion : Sahabat Pahlawan Sejati, hadir membantu menjaga saraf tepi. 

Neorobion tersedia dalam dua jenis varian loh. Varian pertama seperti gambar diatas, yang kedua Neurobion Forte. Apa bedanya? Yuk lihat..


Neurobion Tablet Putih
Neurobion memiliki lingkaran hijau pada kemasannya, hal ini menandakan neurobion merupakan obat bebas. Walaupun bebas, penggunaan harus sesuai dengan anjuran ya. Setiap 1 tablet suplemen neurobion mengandung vitamin B1 sebanyak 100 mg (miligram), vitamin B6 sebanyak 200 mg, dan vitamin B12 200 mcg (mikrogram). Dosis konsumsi neurobion yang dianjurkan yaitu 1 tablet sehari. Neurobion putih digunakan untuk mengatasi gangguan saraf dengan gejala-gejala ringan.

Neurobion Tablet Pink
Vitamin B1(Thiamine Mononitrate) 100mg, vitamin B6(Pyridoxol Hydrochlorite) 100mg, Vitamin B12(Cyanocobalamin) 5000mg. Dosis konsumsi yang dianjurkan juga sama, yaitu sebanyak 1 tablet sehari yang dapat dimakan sesudah makan. Neurobion forte digunakan untuk mengatasi gejala – gejala yang berat dan juga sudah mengganggu kegiatan serta aktivitas anda sehari-hari.

Kenapa Harus Neorobion?
Setidaknya ada 13 manfaat yang bisa kita dapatkan saat mengkonsumsi Neurobion loh. Kita bahas satu persatu ya..
1. Mencegah penyakit beri-beri
Manfaat obat neurobion yang pertama adalah dapat membantu mencegah dan juga mengobati penyakit beri-beri. Beri-beri merupakan salah satu penyakit yang muncul pada kulit karena mengalami kekurangan asupan vitamin B. dengan mengkonsumi neurobion secara teratur, maka anda akan terhindar dari kemungkinan mengalami gejala beri-beri tersebut.

2. Meredakan nyeri sendi
Neurobion juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk meredakan nyeri sendi. Jadi, apabila anda merasakan sakit atau nyeri pada bagian sendi anda, maka cobalah untuk mengkonsumsi neurobion, karena kandungan vitamin B yang ada pada Neurobion ini mampu unutk meredakan nyeri sendi dan juga mengurangi ketegangan pada persendian.

3. Memperbaiki sistem sel saraf
Neurobion juga sangat baik untuk kesehatan syaraf. Ya, kandungan vitamin B kompleks yang terkandung pada neurobion ini dapat membantu untuk memperbaiki kerusakan sistem sel saraf di dalam tubuh, dan juga dapat mencegah terjadinya kerusakan pada sistem sel syaraf tubuh anda. kerusakan sistem sel saraf ini tentu saja memiliki banyak sekali dampak buruk, seperti dapat menyebabkan berbaga gangguan kesehatan.


4. Mencegah kerusakan saraf
Manfaat lainnya dari neurobion adalah dapat membantu mencegah terjadinya kerusakan sel saraf. Ya, sesuai dengan namanya, Neurobion memang sangat bersahabat dengan sistem saraf alias neuron yang terdapat di dalam tubuh kita.

5. Mencegah dan Mengurangi Gejala Kesemutan
Kesemutan merupakan salah satu respon yang terjadi pada sistem saraf, yang menyebabkan tubuh kita menjadi terasa kaku dan juga sulit bergerak untuk beberapa saat. Karena itu, ketika anda sering mengalami gejala kesemutan, cobalah untuk mengkonsumsi Neurobion agar gejala kesemutan yang anda alami bisa tuntas dan sembuh, serta bisa dicegah.

6. Membantu mencukupi kebutuhan asupan vitamin B1, B6, dan juga B12 yang kurang pada tubuh kita.
Tentu saja, kandungan vitamin B kompleks yang ada pada Neurobion akan sangat membantu tubuh kita dalam mengoptimalkan dan juga mencukui kebutuhan tubuh kita akan kandungan vitamin B sertiap harinya. Untuk lebih jelasnya, mengenai fungsi dan juga manfaat dari vitamin B1, B6, dan juga vitamin B12 yang terkandung pada Neurobion, maka akan dijelaskan lebih lanjut pada poin berikutnya.

7. Dapat mencegah kulit kering dan juga bersisik (Vitamin B1)
Manfaat vitamin B1 yang terkandung di dalam Neurobion ini adalah mampu untuk mencegah kulit kita menjadi kering dan juga berisisk. Ya, apabila anda merasakan bahwa kulit anda sering mengalami kering dan juga bersisik, maka selain kekurangan vitamin E, maka kemungkinan tubuh anda juga mengalami kekurangan vitamin B1.
 


8. Dapat membantu tubuh memperoleh energi.
Manfaat lainnya dari obat Neurobion, yaitu dapat membantu tubuh dalam memperoleh energi. Hal ini masih berkaitan dengan kandungan vitamin B1 yang ada pada obat Neurobion ini, sehingga dapat membantu proses produksi dari energy lebih baik lagi.

9. Mampu Meningkatkan proses pencernaan protein

Manfaat lainnya dari Neurobion adalah mampu untuk membantu mempercepat dan juga meningkatkan proses dari sintesa dan juga pencernaan dari protein yang masuk ke dalam tubuh. dengan bertambah cepat dan juga meningkatnya proses sintesa protein, maka hal ini dapat membantu tubuh anda dalam menyerap protein lebih cepat.

10. Dapat mencegah munculnya kram pada bagian otot
Vitamin B6 yang terkandung di dalam Neurobion ini juga memiliki manfaat yang baik untuk membantu mencegah kemunculan kram pada otot anda. Apabila anda sering mengalami kram dan juga otot yang terasa kaku, maka tidak ada salahnya bagi anda untuk mencoba mengkonsumi obat neurobion ini secara rutin, karena kemungkinan anda mengalmai kekurangan vitamin B.

11. Membantu pembentukan sel darah merah
Yap, Neurobion juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu meningkatkan produksi sel darah merah. Hal ini dapat mencegah berbagai macam gangguan yang dapat muncul karena kurangnya sel darah merah.

12.  Dapat mencegah anemia
Salah satu dampak dari kekurangan sel darah merah adalah anemia. Apabila anda sering mengkonsumsi Neurobion, maka sel darah merah anda tidak akan mengalami kekurangan, dan anda pun akan terhindar dari gejala anemia, yang dapat menyebabkan terjadinya tubuh yang menjadi sangat lemas, mudah lelah dan juga lesu, serta mudah diserang berbagai macam penyakit.

13.  Mencegah menurunnya imunitas
Manfaat berikutnya adalah dapat mencegah menurunnya imunitas alias daya tahan tubuh. Dengan pembentukan sel darah merah yang optimal, maka hal ini juga akan memiliki pengaruh yang langsung terhadap imunitas dan juga daya tahan tubuh kita. Sehingga anda tidak akan mudah terserang penyakit.



Banyak sekali ternyata manfaat dari Nerorobion ini ya. Kita bisa menjadikannya suplemen bulanan. Harganya juga cukup terjangkau loh. 


Jadi, demi kesehatan saraf yang lebih baik, keranjang belanja bulanan saya harus ada Neurobion-nya dong!! Karena kondisi yang prima mendukung kegiatan berjalan munuju sempurna. Setuju atau setuju? 😊 Salam #LawanNeuropati 💪


Sumber Pendukung:

You Might Also Like

4 comments

  1. duh, kayaknya saya juga terkena gejala neoropati deh, tangan saya suka kesemutan juga, huhuhu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huhuhu,, ayo coba Neurobion klo bgtu kak.. kayaknya memang gara2 kerajinan main hp ddi kak.. --,

      Hapus
  2. Mbakkk, saya sering kesemutan sebelah kaki :(
    Kalau sehabis duduk, jongkok dan aktivitas yang membuat kaki saya tertekuk pasti kesemutan dan itu sampai ke paha terus hanya satu kaki saja. Termasuk nggak ya?
    Oya, cara menjaga nomor 4-nya bisa diganti mengetik nggak, hehehe *nawar*
    TFS ya mba, warning buat saya nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya gejala ya mbak :( klo aku seringnya ditangan..

      hehe, bisa nggak ya? *Loh kok balas nawar :D

      sm2 Mbak ^^ thanks for coming here

      Hapus